Assalamu Alaikum Wr.Wb. dan Salam Sejahtera....Selamat Datang di Rumah Diana "Jule" Zulaika....Mari Kita Berbagi Demi Indonesia Sejahtera dan Mandiri

Sabtu, 19 Maret 2011

Rasa Sakit Bertambah Parah Karena Pikiran Negatif

Berpikir Posif.....Ok_dok.Jule
Rasa sakit bisa terasa lebih sakit jika perasaan seseorang sedang jelek atau bad mood. Jadi jika sedang sakit sebaiknya jangan berpikir hal-hal yang negatif karena itu hanya akan memperparah rasa sakit yang diderita.

Menurut studi yang dipimpin Mathew Roy dari Columbia University, rasa sakit yang dikombinasi dengan perasaan negatif hanya akan menambah rasa sakit itu.

Bersama rekannya, Roy memberikan elektrik shock pada 13 partisipan untuk mengukur tingkatan rasa sakit dan reaksi spontan. Beberapa saat setelah diberi elektrik shock, partisipan diperlihatkan gambar yang menyenangkan, tidak menyenangkan dan gambar netral.

Peneliti mengamati otak partisipan secara simultan menggunakan MRI (Magnetic Resonance Imaging). Hasilnya, partisipan yang melihat gambar tidak menyenangkan yang memicu perasaan negatif (bad mood) merasakan sakit yang lebih besar sesaat setelah diberi elektrik shock.
Hasil scan otak pun menunjukkan bahwa bagian otak yang mengontrol rasa sakit menjadi kurang aktif saat partisipan melihat mereka merasa bad mood. Namun setelah moodnya ditingkatkan dengan cara mendengarkan musik, rasa sakit itu perlahan berkurang.

Studi ini menunjukkan bahwa perasaan atau pikiran jelek yang timbul akan berdampak langsung terhadap rasa sakit. Hal ini juga semakin menguatkan teori bahwa seseorang yang sedang sakit memang harus diberi pikiran positif dan menyenangkan karena jika sebaliknya, hal itu hanya akan menambah rasa sakitnya saja.

"Cukup dengan meningkatkan mood seseorang agar lebih bahagia, Anda akan membantunya mengurangi rasa sakit. Untuk itu makanya ibu hamil yang akan melahirkan sebaiknya diberi pikiran-pikiran positif dan lingkungan yang menyenangkan agar rasa sakitnya berkurang saat melahirkan," kata Roy seperti dikutip dari Geniusbeauty.

Studi ini menguatkan studi sebelumnya yang menyebutkan bahwa melihat gambar orang terkasih bisa mengurangi rasa sakit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Kunjungan dan Atensinya? Sukses untuk Anda.

Gadis Bandung & Pupuk Formula Sayuran Biji_GIH Foundation(Posko Hijau)

Gadis Hijau Di PAMERAN Tanaman Hias_GIH Foundation (Posko Hijau)