Assalamu Alaikum Wr.Wb. dan Salam Sejahtera....Selamat Datang di Rumah Diana "Jule" Zulaika....Mari Kita Berbagi Demi Indonesia Sejahtera dan Mandiri

Senin, 21 Maret 2011

Sinergi Kecerdasan

Bismillahirrohmaanirrohiim....

Secara Sederhana, manusia memiliki 3 macam kecerdasan, yaitu :

1. IQ, kecerdasan intelejensi. Terkait erat dengan otak kiri, Hitung-hitungan, Analisa, Teratur, Teliti, Kurang Rileks, apa adanya, takut berubah. Biasanya IQ dihubungkan dengan KEMAMPUAN seseorang.

2. EQ, kecerdasan emosi. Terkait erat dengan otak kanan, kreatifitas, senang, bebas, tak terduga, imajinatif, ada-ada saja, sering berubah. Biasanya EQ dihubungkan dengan Hasrat atau KEMAUAN seseorang.

3. SQ, kecerdasan spiritual. Terkait erat dengan bathin, invisible, tidak terpengaruh otak kiri ataupun otak kanan, pengendali otak, penyeimbang otak, ada apanya, istiqomah. SQ kadang tampak berpihak pada otak kiri, tapi kadang tampak berpihak ke otak kanan. Biasanya SQ dihubungkan dengan totalitas seseorang dalam berpedoman kepada nilai-nilai kebenaran yang diyakiniya.


Ada satu lagi kecerdasan, yaitu PQ, Physical Quotient, Kecerdasan Fisik, Jasadi, Penampilan, yang tampak. Kecerdasan yang Visible, berbanding terbalik dengan SQ yang berorientasi invisible (Ghoib).

Kini, mari kita perhatikan 3 kecerdasan yang dibuat dalam bentuk 3 lingkaran berikut :


Lalu, dari Ketiga Kecerdasan di atas, dapat kita sinergikan menjadi seperti berikut (diagram di bawah) sehingga terjadilah empat buah irisan. Berikut diagramnya dan irisannya.


Jika disederhanakan, maka dari keempat irisan tersebut akan menghasilkan 4 jalur bagi manusia :


Semoga kita bisa menjadi manusia yang berada di "Jalur Ikhlas" (belum tentu menjadi orang ikhlas, tapi setidaknya sudah berada di jalur/track/rel yang sudah pas untuk menjadi orang ikhlas), sehingga setelah kita berada di Jalur Ikhlas, maka insya Allah kita lebih mudah menjadi orang yang Ikhlas.

Jalur Ikhlas adalah ketika kita melakukan sesuatu yang kita MAU, lalu kita MAMPU, dan kita yakin bahwa yang kita lakukan itu adalah BENAR. Sinergi antara IQ, EQ, dan SQ.

Nah, jika kita tambahkan kecerdasan PQ, maka kita bisa menduga dimana posisinya, sehingga kita dapat menjwab pertanyaan, mana yang lebih penting, apakah :
1. Penampilan (Yang sekedar tampak oleh mata)
2. Kesuksesan (Logika Berpikir)
3. Kebahagiaan (Emosi/Rasa Positif Kehidupan)
4. Ketenangan (Rasa sejati bersamaNya di luar rasa kehidupan yang fana)


Maka jadikanlah SQ, ketenangan yang absolut sebagai Pondasi dari Kehidupan kita. Sehingga hal-hal lain yang hadir, bukanlah berdasarkan kehendak nafsu kita, melainkan berdasarkan kehendak Allah SWT.

Jika Pondasi kita adalah ketenangan, berarti keterikatan inti kita hanya kepada Allah, sedangkan yang lain sifatnya ikatan fana. Sehingga, Tidak harus menunggu hilang jerawat dulu (penampilan) baru tenang, tapi ia tetap tenang hingga jerawatnya hilang. Tidak harus menunggu banyak uang baru tenang, tapi ia tetap tenang dalam berikhtiar sampai sukses mendapatkan uang yang banyak. Inilah gambaran yang pas, yakni bisa dilihat pada diagram yang ada di sebelah kiri, dan coba bandingkan dengan diagram yang di sebelah kanannya.


Wallahu alam

Salam Sejuk
KZ






Kang Zain (KZ)
S3 Management : 085693158546
Training Product :
1 S3 Reguler
2 S3 For Teacher (Gubah Sukma)
3 S3 For Teens (MOTISAKTI)
4 S3 For Parents
5 Spiritual AMT
6 TFT-Pembicara Bercahaya
7 TCH-Terapi Cahaya Hati
8 EtosKerjaSpiritualTRAining-EKSTRA-7as

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Kunjungan dan Atensinya? Sukses untuk Anda.

Gadis Bandung & Pupuk Formula Sayuran Biji_GIH Foundation(Posko Hijau)

Gadis Hijau Di PAMERAN Tanaman Hias_GIH Foundation (Posko Hijau)